Kami Mengabdi untuk UKM Indonesia

GEDUNG RUMAH BESAR KEMASAN

Puri Keraton Regency A12 - A14, 

Jalan Raya Sambiroto, Mlaten, Puri, Mojokerto - Jawa Timur

Telp . 0321 - 5885726 | Mobile : 085748480019 | WA : 082257356890 PIN BB : D4EB8CC3

Marketing Mobile : 081555694526 | 081555694527 | 081555694534 | 081555694537

.

Mengenal Kemasan kaleng (Metal Packaging)

Post at 27 September 2014

Bersyukur saya diberikan Alloh kesempatan menerjuni secara praktis / operasional mesin-mesin printing segala jenis seperti offset, flexo, rotogravure dan sekarang sdh berjalan 2 thn lebih tengah mendalami cetak kemasan kaleng metal maupun kaleng plastik (flexo), semoga bisa bermanfaat juga buat anda.

Perkembangan Kemasan selain dari bahan dasar kertas maupun Plastik sudah demikian beragam dan sangat multi proteksi. Tidak ketinggalan pula di bidang kemasan kaleng yang sangat dikenal lebih tahan lama dan melindungi lebih kuat produk di dalamnya. Beberapa pabrik pembuat kemasan kaleng dapat di bagi dalam beberapa tipe :

1. Kemasan produk makanan dan minuman
2. Kemasan Pelumas, oli mobil dan sejenisnya
3. Kemasan produk industri termasuk bahan kimia, cat, pestisida, tinta, tinner, dan bahan pelarut lainnya
4. Kemasan Aerosol, Semprotan obat serangga
5. Komponen yang biasnaya di pakai oleh pabrik pembuat kemasan kaleng

Jenis Kemasan kaleng ini umumnya disebut 2 PC yaitu bagian body plus bottom menyatu kemudain di tambahkan bagian atas (Top). Sedangkan tipe lain adalah 3 Piece can yaitu antara Body, Bottom dan top terpisah. Kebanyakan tipe 2 PC di aplikasikan di produk minuman ringan maupun beer. Sedangkan 3 PC di aplikasikan untuk kaleng makanan, cat dan kaleng bahan kimia industri termasuk minyak pelumas.

Kemasan kaleng Makanan umumnya berukuran Ǿ 52 mm sampai Ǿ 285 mm. Untuk kemasan kaleng cat berkisar ¼ liter sampai 25 liter dengan bentuk Cylindrical (Lingkaran), rectangular (Segi empat), dan conical (Kemasan ber tutup). Kesemua bentuk kemasan ini tentu saja di cocokan dengan produk yang akan di kemas. Seperti dalam kemasan Oli pelumas bisa di bentuk rectangular dengan volume 1 liter bentuk kemasan round dan 4-5 liter dalam bentuk rectangular.

Dari semua bentuk kemasan kaleng tipe aerosol mungkin yang kurang populer di dengar padahal sudah banyak kemasan yang memakai tipe aerosol ini. Seperti kemasan untuk obat semprot serangga, nyamuk dan lainnya adalah dalam tipe aerosol. Dimensi ukurannya adalah sbb:
Diameter : 52-57-65 mm
Tinggi : bervariasi mulai 10 cm sampai 45 cm atau sesuai ukuran yang di pesan
Kapasitas isi : 150 – 750 mm

Tipe aerosol yang umum juga seperti kemasan penyejuk/ pengharum ruangan, cat pilok, busa cukur, dll. Bagian dari kemasan kaleng dapat di pisahkan dalam bentuk terpisah antara lain:
– Dalam bentuk lembaran bahan tin plate
– Lids
– Ends
– Necks
– Caps
– Handles

Kemasan kaleng umumnya di cetak dengan Metode cetak Lithographi (Offset) atau lebih dikenal dengan Offset metal decorating. Dengan dicetak di bahan Tin, Aluminum, dan modifikasi logam alloy. Bahan logam tersebut akan di lapisi terlebih dahulu (coating) dengan Varnish saizing (clear sizing, tonner sizing atau gold lacquer) atau untuk mendapatkan efek putih di pakai white coating. Semua metode pelapisan umumnya di pakai mesin pelapis (Coater) dengan ketebalan yang di ukur µm (?).

Setelah di lapisi logam terlapis Varnish sizing atau White Coating Kemudian akan di panaskan antara 170-180  C selama 12-15 menit melewati pemanggang raksasa berjarak 5- 6 meter. Setelah melewati pemanggang bahan pelapis sudah kering dan siap di cetak dengan tinta offset/Lithography. Pencetakan gambar berwarna proses (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black bisanya naik 2 warna kemudain dilanjut 2 warna berikutnya. Proses pengeringan tinta offset juga melalui pemanggang dengan suhu berkisar 140-160 C selama 12-15 menit.

Kemudian proses akhir lapisan tinta akan di lapisi dengan Varnish untuk membuat cetakan tahan gores dan tahan panas. Untuk bagian lain yang akan menjadi bagian dalam kemasan permukaan kaleng akan di lapisi juga dengan varnish coating dengan tujuan mencegah bersinggungan langsung produk dengan kelang sehingga bisa mengakibatkan karat dan terkontaminasi.

Setelah semua permukaan tercetak dan di varnish kaleng akan dilanjut ke proses pengetesan untuk mengetahui kekuatan kemasan sehingga bisa mencegah kerusakan kemasan yang berakibat merusak produk. Test lainnya adalah Retort test dan Pasteurisasi. Yang akan dbahas di tulisan lain.

Kondisi lingkungan yang semakin berpolusi dan banyaknya kemasan yang menjadi sampah, beberapa enduser berusaha membuat kemasan kaleng dengan gambar yang lebih personal, memuat gambar bercerita ttg sebuah acara dan lainnya, sehingga penikmat makanan dalam kemasan kaleng bisa membuat kemasan kaleng sebagai suvenir atau barang hiasan rumah, bahkan menjadi alat simpan alat tulis atau lainnya.

Demikian sekilas tentang kemasan dalam kaleng yang cukup menarik di ketahui. Semoga bermanfaat.(se-sgn)

Sugeng Endarsiwi/ Pekerja Grafika

Category: Belajar Kemasan